Kamis, 10 Oktober 2013

Wisata Bahari Indonesia

Saat ini kabarnya sudah ada sekitar 500 spot diving yang ada di Indonesia dengan ribuan jenis koral dan biota laut. Lokasi diving berkelas Internasioanal seperti Bunaken dan Wakatobi, ada di pulau sulawesi. Raja Ampat di Papua dan Pulau Komodo di Flores Nusa Tenggara Timur adalah dua lokasi wisata bahari berkelas internasioanal yang masih hangat dibicarakan masyarakat internasional karena keindahannya yang begitu mempesona. Bahkan kabarnya Raja Ampat adalah salah satu taman laut terluas dan terindah di dunia. Sedangkan pulau komodo, makin lengkap dengan masuknya Komodo (binatang purba penghuni pulau komodo) dalam daftar 7 keajaiban dunia.

Taman Laut Raja Ampat Papua
Taman Laut Raja Ampat - Sumber: nationalgeographic.co.id
Di kota kelahiran saya, Makassar, terdapat 12 pulau yang menjadi lokasi favorite wisata bahari. Keindahan pantai dan taman bawah laut-nya tidak kalah dengan pulau-pulau lain di Indonesia yang sudah punya nama (terkenal). Informasi lengkap mengenai kedua belas pulau tersebut bisa dibaca di sini: Wisata Bahari Kota Makassar.

Masih di sulawesi selatan, tepatnya di kabupaten Kepulauan Selayar, terdapat taman nasional Taka Bonerate, taman laut yang mempunyai atol ketiga terbesar di dunia. Sejak tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate, sudah didaftarkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Sayang, usulan tersebut sampai sekarang masih ada di Tentative List UNESCO.

Selain yang telah saya sebutkan di atas, lokasi wisata bahari favorite lainnya di Indonesia yang saya ketahui yaitu: Pulau Weh di Aceh, Pulau Bangka di Propinsi Bangka Belitung, Kepulauan Karimun Jawa di Jawa Tengah, Kepulauan Banda di Maluku, Pulau Alor di NTT,  Selat Lembeh di Sulawesi Utara, dan Tulamben di Bali.

Video di bawah ini menunjukkan betapa indahnya pemandangan bawah laut Indonesia yang ditumbuhi dan dihuni ratusan bahkan ribuan jenis koral dan biota laut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar