Kamis, 10 Oktober 2013

Indonesia Surganya Wisata Bahari dan Budaya

Waktu jaman kuliah dulu, ada satu mata kuliah yang mengajarkan pengetahuan tentang Indonesia. Namanya mata kuliahnya “Wawasan Nusantara”. Saya masih ingat, pada pertemuan pertama mata kuliah tersebut, sang dosen mengawali kuliah dengan bertanya pada setiap mahasiswa/mahasiswi, “Apa yang kamu ketahui tentang Indonesia?”. Ada yang menjawab: negara pancasila, negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, negara majemuk (heterogen), negara berpenduduk muslim terbesar, negara bahari, negara asal orang utan, negara asal Komodo, dll. Saya sendiri menjawab, negara kepulauan.

Saya yakin Anda juga setuju kalau semua jawaban tersebut, benar! Namun Pertanyaannya sekarang adalah, Manakah jawaban yang paling Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya punya cerita yang mungkin bisa memberikan jawabannya.

Saya kebetulan berasal dari salah-satu daerah tujuan wisata budaya di Sulawesi Selatan, yaitu Tanah Toraja. Mungkin sebagian besar orang Indonesia belum mengenal Tanah Toraja, tapi bagi wisatawan asing, Toraja cukup dikenal. Sebab, kebanyakan yang datang ke Toraja adalah wisatawan asing. Sehingga kalau di Toraja, bertemu dengan wisatawan asing adalah hal yang biasa.

Suatu hari di sebuah pesta rambu solo’ (upacara penguburan orang mati masyarakat toraja) saya memberanikan diri ngobrol dengan seorang wisatawan asing yang kebetulan ada disitu. Dengan  kemampuan bahasa inggris yang seadanya (aslinya sih jelek. Hehe..), saya coba ngobrol dengan buleq tersebut:

Kalau tulisan bahasa inggris saya salah, tolong dimaklumi yaa.. :D

”Hi mister, where do you come from?”
“Hi.. I am from USA”
“Oh, USA. What places have you visited in Indonesia?”
“Before to Toraja, I have visited Bali and Yogyakarta. Next, I will go to Wakatobi, Bunaken and Raja Ampat”
“Oh, you seem like sea travel?”
“Yes. I came to Indonesia because Indonesia has a beautiful sea and cultural diversity”

Dari kutipan pecakapan di atas, jelas menunjukkan bahwa si buleq tersebut datang ke Indonesia karena tertarik dengan keindahan laut dan keragaman budaya Indonesia. Jadi, yang paling Indonesia adalah negeri kepulauan (negeri bahari) dan negeri majemuk (heterogen).

Sebenarnya tanpa kutipan perbincangan di atas, kita harusnya sudah tahu identitas negara sendiri. Sebab, sejak dibangku sekolah dasar (SD) kita sudah diberitahu bahwa negara kita (Indonesia) adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dan negara majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Fakta itu tidak terbantahkan. Menurut data terbaru, Indonesia memiliki 13.487 pulau. Makanya, Indonesia sering juga disebut negeri seribu pulau. Sebenarnya sebutan itu kurang pas juga sih.. karena "seribu" itu artinya jumlahnya pas seribu. Sedangkan jumlah pulau di Indonesia khan lebih dari seribu. Menurut saya sih cocoknya pake sebutan "negeri ribuan pulau".  :-)

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia sekitar 1128 suku bangsa. Setiap suku bangsa ini memiliki bahasa, adat istiadat, dan budaya yang berbeda. Bisa dibayangkan, betapa besarnya potensi wisata budaya yang dimiliki Indonesia.

Peta Suku Bangsa Indonesia

Memiliki ribuan pulau dan suku bangsa, Indonesia adalah negara surganya wisata bahari dan budaya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar