Senin, 07 Oktober 2013

Create an Interactive Flash Maps in Minutes

Kini, Anda bisa dengan mudah membuat peta interaktif berbasis flash dengan cepat menggunakan software StatPlanet dari StatSilk. StatPlanet sebelumnya bernama StatPlanet Map Maker. Software untuk membuat flash maps ini juga bisa digunakan untuk menampilkan grafik dan chart bersama dengan peta untuk menghasilkan sebuah infografik yang kaya informasi.
Berikut contoh peta berbasis flash yang dibuat menggunakan software StatPlanet (klik gambar untuk melihat tampilannya di tab yang baru) :
  • Human evolution – primate fossil finds around the world – Interactive Map
  • Corruption Perception Index – Interactive Infographic

Cara membuat peta interaktif berbasis flash menggunakan software StatPlanet

  1. Download StatPlanet Map Maker lalu extract file tersebut di komputer Anda.
  2. Pada folder ‘World_map’ (atau ‘USA_map’) buka StatPlanet_data_editor. pastikan macros aktif (enabled). Tekan tombol ‘Clear data’ untuk menghapus contoh data yang ada disana.
  3. Tekan tombol  “Import data” lalu pilih file yang berisi data yang hendak Anda import ke dalam data peta. Anda juga bisa melakukan entri data secara manual menggunakan Excel atau software  spreadsheet lainnya.
  4. Jika sudah selesai tekan tombol ‘Save data’ yang akan menyimpan data tersebut ke dalam file “data.csv” .
  5. Untuk menampilkannya secara online, copy folder ‘Web’  ke hosting-an Anda, atau ke localhost Anda.
  6. Untuk menampilkan secara offline, klik pada IconStatPlanet.exe atau buka StatPlanet.html  untuk menampilkkannya di  web-browser. Lebih lengkap silahkan download StatPlanet User Guide (PDF)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar